Home » » Bahaya Narkoba bagi Pelajar

Bahaya Narkoba bagi Pelajar

Bahaya Narkoba bagi Pelajar. Meluasnya narkoba di Indonesia terutama di kalangan generasi muda karena didukung oleh faktor budaya global. Budaya global dikuasai oleh budaya Barat (baca Amerika Serikat) yang mengembangkan pengaruhnya melalui layar TV, VCD, dan film-film. Ciri utama budaya tersebut amat mudah ditiru dan diadopsi oleh generasi muda karena sesuai dengan kebutuhan dan selera muda.  


Bahaya narkoba bagi pelajar

Salah satu indikator awal masuknya narkoba ke pelajar adalah konsumsi ROKOK oleh  pelajar baik itu yang duduk dibangku SMA, SMP, bahkan yang lebih parahnya ada yang masih duduk di bangku SD tapi jarang-jarang bila anak-anak seusia dibawah 11 tahun kebawah, sudah mengenal dan mngkonsumsi apa itu narkoba. rata-rata seorang yang mengenal narkoba itu khususnya para pelajar, awal-awalnya dari sebuah rokok.
Kebiasaan merokok kemudian coba-coba ke yang laen seperti ganja. Awalnya mencoba, lalu kemudian mengalami ketergantungan.  

Faktor penyebab penyalahgunaan narkoba 
Faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam diri individu seperti kepribadian, kecemasan, dan depresi serta kurangya religiusitas. Kebanyakan penyalahgunaan narkotika dimulai atau terdapat pada masa remaja, sebab remaja yang sedang mengalami perubahan biologik, psikologik maupun sosial yang pesat merupakan individu yang rentan untuk menyalahgunakan obat-obat terlarang ini. Anak atau remaja dengan ciri-ciri tertentu mempunyai risiko lebih besar untuk menjadi penyalahguna narkoba. 
Faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar individu atau lingkungan seperti keberadaan zat, kondisi keluarga, lemahnya hukum serta pengaruh lingkungan.

Cara Pencegahannya :
Pergaulan positif menjadi langkah mudah mengatasi narkoba, mencari kegiatan-kegiatan yang bisa membuat pikiran tidak melenceng seperti kegiatan ekstrakulikuler, kegiatan olah raga ikut klub-klub Hiking, Ikut Komunitas Blogger dengan menulis, menerbitkan buku bisa mencegah pelajar ikut terjerumus kedalam pergaulan Narkoba.
pendidikan moral dan keagamaan harus lebih ditekankan kepada siswa. Karena salah satu penyebab terjerumusnya anak-anak ke dalam lingkaran setan ini adalah kurangnya pendidikan moral dan keagamaan yang mereka serap, sehingga perbuatan tercela seperti ini pun, akhirnya mereka jalani.

Jauhi Narkoba Jangan Pernah Mencobanya!!!

Silahkan Share skrg :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Blogger Bantul | Bantul Media | Batik Jogja
Copyright © 2013. Jurnal Terbaik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger