Home » » Contoh Pidato Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Contoh Pidato Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Contoh Pidato Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Kebetulan pada tanggal 24 Januari 2013 besok bertepatan dengan tanggal 12 Rabiul Awal 1434 H. Dalam memperingati Maulid Nabi biasanya diadakan pengajian. Nah bagi anda yang diberikan kesempatan untuk berpidato pada hari peringatan Maulid Nabi besar Muhammad SAW, apabila anda memerlukan bahan untuk itu, berikut contoh pidato peringatan hari Maulid Nabi Muhammad SAW.


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Puji syukur kehadirat Allah Subhananu Wata'ala dzat yang maha pengasih dan penyayang, berkat rahmatNya kita masih diberikan kesempatan untuk memperingati hari besar Maulid Nabi baginda Rasullullah Muhammad SAW.

Sholawat serta salam muda-mudahan selalu tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW. yang telah menunjukkan kita jalan yang benar dan terhindar dari jalan yang sesat serta gelap gulita. Berkat bimbingan beliau kita sekarang berada pada jalan yang benar dan diridhoi.

Bapak/Ibu, para hadirin sekalian yang dimuliakan Allah SWT.

Pada Tanggal 12 Rabiul Awal 1434 H, bertepatan pada tangal 24 Januari 2013 Tahun Masehi kita segenap kaum muslimin merayakan hari besar kelahiran baginda Muhammad SAW.  Mari sebagai awal kita berkumpul disini kita niatkan sebagai momentum untuk mengenang jasa-jasa beliau dalam memperjuangkan umat Muslim untuk menuju jalan kebaikan yang diridhoi oleh Allah SWT. dengan cara meningkatkan rasa taqwa kita terhadap Allah SWT.

Bapak/Ibu, para hadirin sekalian yang dimuliakan Allah SWT.

Kali ini kami akan memberikan sedikit risalah mengenai lembaran sejarah perayaan Maulid Nabi yang disebarkan oleh Wali Songo sebagai sarana Dakwah yang bisa kita ambil saripatinya untuk senantiasa kita teladani dan kita jadikan ladang dakwah dan pahala buat kita dimasa mendatang.
Sebagaimana kita tahu sejarah penyebaran Islam di Pulau Jawa, perayaan maulid nabi sebagaimana yang kita laksanakan hari ini dimanfaatkan oleh para Wali Songo untuk sarana dakwah dengan berbagai kegiatan yang menarik masyarakat agar mengucapkan syahadatain (dua kalimat syahadat) sebagai pertanda memeluk Islam. Karenanya kita mengenal saat ini setiap Maulud dilakukan kegiatan di alun-alun kraton dengan peyebutan Sekatan yang diambil dari dari Syahadatain 
Dua kalimat syahadat itu dilambangkan dengan dua buah gamelan ciptaan Sunan Kalijaga, Kiai Nogowilogo dan Kiai Gunturmadu, yang ditabuh di halaman Masjid Demak pada waktu perayaan maulid nabi. Sebelum menabuh dua gamelan tersebut, orang-orang yang baru masuk Islam dengan mengucapkan dua kalimat syahadat terlebih dulu memasuki pintu gerbang “pengampunan” yang disebut gapura (dari bahasa Arab ghafura, “Dia mengampuni”).
Pada zaman kesultanan Mataram, perayaan maulid nabi disebut Gerebeg Mulud. Kata gerebeg artinya “mengikuti”, yaitu mengikuti sultan dan para pembesar keluar dari keraton menuju masjid untuk mengikuti perayaan maulid nabi, lengkap dengan sarana upacara, seperti nasi gunungan dan sebagainya. Di samping Gerebeg Mulud, ada juga perayaan Gerebeg Poso (menyambut Idulfitri) dan Gerebeg Besar (menyambut Iduladha)


Bapak/Ibu, para hadirin sekalian yang dimuliakan Allah SWT.
  Dalam konteks diatas, kita bisa melihat bahwa Maulid sebagai salah satu upaya transformasi diri untuk menuju ketakwaan kepada Allah SWT. Namun demikian dalam pelaksanaannya dibumbui dengan semangat baru untuk membangun nilai-nilai toleransi.
Sebagai penutup, dengan peringatan Hari Besar Maulid Nabi ini, mari kita tingkatkan ketakwaan kita kepada Allah dan sebagai momentum untuk mengenang jasa-jasa beliau dalam memperjuangkan umat Muslim untuk menuju jalan kebaikan yang diridhoi oleh Allah SWT. dengan cara meningkatkan rasa taqwa kita terhadap Allah SWT. Memelihara nilai-nilai toleransi antar umat beragama dengan agama lain agar tercipta keharmonisan antar masyarakat.  

Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 
Itulah sedikit mengenai Contoh Pidato Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, semoga bermanfaat

Gambar From : Ruanghati.com


Silahkan Share skrg :

2 komentar:

  1. Thanks gan, Atas Contoh Pidatonya, buat inspirasi ane! Jangan lupa kunjungan baliknya ditunggu!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus

 
Support : Blogger Bantul | Bantul Media | Batik Jogja
Copyright © 2013. Jurnal Terbaik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger