Home » , » Contoh Pidato Singkat Kesehatan Reproduksi Remaja

Contoh Pidato Singkat Kesehatan Reproduksi Remaja

Contoh Pidato Singkat Kesehatan Reproduksi Remaja. Saat seorang beranjak dewasa atau remaja terkadang tabu untuk membicarakan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan reproduksi, namun begitu hal itu sangat penting adanya karena dengan demikian remaja akan mengetahui bagaimana proses reproduksi dan cara menjaga kesehatannya. Dan suatu saat kita sebagai remaja pun diberikan kesempatan untuk dapat memberikan pengertian dan presentasi mengenai Kesehatan Reproduksi.


Berikut ini Contoh Pidato Singkat Kesehatan Reproduksi Remaja, semoga bisa menjadi referensi bagi anda semua.

Assalamualaikum Wr.Wb
 

Bapak Ibu Saudara yang kami hormatiMarilah kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur kita ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karunianya kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat pada hari yang cerah ini

Pertama-tama perlu kita sadari saat seorang anak beranjak remaja khususnya perempuan tabu untuk membicarakan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan reproduksi, namun begitu hal itu sangat penting adanya karena dengan demikian remaja akan mengetahui bagaimana proses reproduksi dan cara menjaga kesehatannya.

Kesehatan reproduksi adalah kondisi suatu keadaan kesehatan yang sempurna baik secara fisik, mental, dan sosial dan bukan semata-mata terbebas dari penyakit atau kecacatan dalam segala aspek yang berhubungan dengan sistem reproduksi, fungsi serta prosesnya. Kesehatan Reproduksi mencakup hal-hal antara lain :
Hak seseorang untuk memperoleh  kehidupan seksual yang aman dan memuaskan serta mempunyai kapasitas untuk bereproduksi;
Hak untuk mendapatkan tingkat pelayanan kesehatan yang memadai sehingga perempuan mempunyai kesempatan untuk menjalani proses kehamilan secara aman.
 Kesehatan Reproduksi dipengaruhi oleh hal-hal sebagai berikut :
  • Faktor biologis (cacat sejak lahir, cacat pada saluran reproduksi pasca penyakit menular seksual, dsb).
  • Faktor sosial-ekonomi dan demografi (terutama kemiskinan, tingkat pendidikan yang rendah, dan ketidaktahuan tentang perkembangan seksual dan proses reproduksi, serta lokasi tempat tinggal yang terpencil).
  • Faktor budaya dan lingkungan (misalnya, praktek tradisional yang berdampak buruk pada kesehatan reproduksi, kepercayaan banyak anak banyak rejeki, informasi tentang fungsi reproduksi yang membingungkan anak dan remaja karena saling berlawanan satu dengan yang lain, dsb).
  • Faktor psikologis (dampak pada keretakan orang tua pada remaja, depresi karena ketidakseimbangan hormonal, rasa tidak berharga wanita pada pria yang membeli kebebasannya secara materi, dsb).
Dengan beberapa faktor tersebut diatas, kiranya dapat kita terapkan pada anak remaja disekitar kita untuk selalu didampingi oleh orang tua terutama ketika ada perubahan pada anak seperti mentruasi pada anak perempuan, munculnya libido pada anak laki-laki. Dengan demikian peran orang tua sangat wajib untuk melakukan pendampingan secara terus menerus pada anak yang baru beranjak dewasa.

Bapak Ibu Saudara Berbahagia,
 
Sebagai penutup
Kesehatan Reproduksi Remaja sangat penting adanya karena akan menentukan masa depan anak remaja tersebut. Peran orang tua sangat wajib untuk melakukan pendampingan secara terus menerus pada anak yang baru beranjak dewasa..

Sekian pidato dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.
 
Itulah contoh pidato singkat kesehatan reproduksi remaja yang bisa di share, semoga memberi manfaat, apabila dalam menuangkan ada kesalahan mohon dimaafkan



Silahkan Share skrg :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Blogger Bantul | Bantul Media | Batik Jogja
Copyright © 2013. Jurnal Terbaik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger