Home » » Contoh Pidato Singkat Pengaruh Televisi pada Anak-Anak

Contoh Pidato Singkat Pengaruh Televisi pada Anak-Anak

Contoh Pidato Singkat Pengaruh Televisi pada Anak-Anak. Televisi merupakan media yang paling banyak di lihat oleh masyarakat baik kelas menengah maupun masyarakat bawah. Karena televisi merupakan media yang paling murah untuk menikmatinya alias masih banyak tayangan gratisnya. Walapun begitu dengan adanya kemudahan tersebut tentu banyak dampak yang ditimbulkan terutama pada anak-anak. 

Nah suatu saat anda mungkin harus memberikan ulasan singkat mengenai pengaruh televisi untuk anak-anak, berikut ini contoh Pidato Singkat Pengaruh Televisi pada Anak-Anak

Assalamu'alaikum wr wb
Bapak/ Ibu  yang saya hormati, pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini.

Kali ini saya ingin menyampaikan sekelumit mengenai “Pengaruh Televisi pada Anak-Anak”.

Secara umum televisi sangat berguna  bagi penyampaian informasi paling efektif dan efisien, efektif dari segi penyampaian informasi dan efisien dari segi harga untuk memperoleh informasi tersebut. Dengan media televisi wawasan dan ilmu pengetahuan seorang dapat berkembang dengan pesat sejalan dengan perkembangan teknologi yang ada. Banyak hal positif yang dapat diambil dari adanya media televisi ini yakni diantaranya seperti, informasi mengenai berita terkini, ilmu pengetahuan umum, Entertainmen/ hiburan, dan lain sebagainya.

Namun demikian seiring perkembangan waktu ke waktu, media televisi saat ini lebih banyak menyiarkan beberapa acara yang secara segmen banyak yang tidak tepat waktunya. Seharusnya ketika seorang anak harus belajar, mereka malah asyik menonton karena di televisi tengah ditayangkan serial Naruto dan Ipin-Upin. Nah tentu saja hal ini menjadi tidak baik dan benar ketika televisi menayangkan tayangan anak-anak disaat jam belajar bagi mereka.

Malas adalah salah satu penyakit yang timbul penyakit hal yang paling sering terjadi jika seorang anak sudah terpengaruh oleh asyiknya menonton televisi sehingga melupakan belajarnya. Biasanya ketika anak sudah asyik melihat tayangan televisi seperti Kartun Sponge Bob, dia sulit dipanggil atau disuruh untuk melaksanakan kegiatan laen. Hal ini akan sangat merugikan bagi anak itu sendiri karena dengan bermalas-malasan dia tidak akan mendapatkan apa-apa dan apa yang ia cita-citakan dalam hidupnya.
Perilaku Negatif. Selain malas pengaruh buruk televisi terhadap tingkah laku anak yakni mencontoh hal yang tidak seharusnya di contoh, misalnya anak usia dibawah lima tahun menonton tayangan televisi untuk orang dewasa, tentu hal ini sangat ”berbahaya” karena anak bisa dewasa sebelum dewasa, maksudnya adalah tindakan-tindakan yang dilakukan oleh orang dewasa tidak seharusnya dicontoh oleh anak kecil, seperti Kekerasan, gaya hidup seperti berpenampilan, bergaul, dan gaya-gaya berbicara yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa yang baik, dan lain sebagainya. Sebagai contoh dibeberapa tempat ada anak kecil yang suka merokok akibat sering melihat tayangan sinetron.

Maka dari itu alangkah baiknya kita sebagai orang tua membatasi waktu menonton televisi dan menyaring tayangan yang sesuai dengan kebutuhan sang anak

Untuk mencegah dampak negatif tersebut, kondisi dalam rumah yang hangat dan kekeluargaan, dengan sering berkumpulnya keluarga dan kebersamaan dan juga banyak kegiatan yang melibatkan seluruh keluarga sehingga waktu melihat televisi ada batasnya dan waktunya yang tepat. Keluarga merupakan salah satu faktor utama penentu keberhasilan diri seorang anak, selain hal itu orang tua juga dapat mendidik anak-anaknya dengan lebih mudah melalui media televisi dan orang tua tersebut lebih mudah memberikan pengarahan terhadap anak sehingga anak akan merasa tidak terbebani untuk memahami apa yang diinginkan oleh orangtuanya. 

Hal-hal tersebut merupakan salah satu yang dapat kita rasakan/ lihat dari segi positif dampak televisi terhadap siswa, tetapi selain itu banyak hal-hal negative yang dapat terjadi jika siswa telah terpengaruh oleh televisi, diantaranya adalah malas, mencontoh hal-hal yang tidak baik/ negatif seperti cara bergaul, berbicara, berpenampilan, serta pribadinya.

Sedikit kita simpulkan bahawa media televisi merupakan media yang paling mudah untuk mendapatkan informasi, namun demikian juga berdampak yang tidak baik apabila penggunaanya tidak sesuai pada anak termasuk tayangan yang tidak sesuai. Peranan orang tua untuk mendampingi anak dalam melihat televisi sangatlah penting.


Demikian, mungkin apa yang saya sampaikan belum lengkap, namun semoga bermanfaat bagi kita semua. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih, akhirul kata, wassalamualaikum wr wb.

Demikian Contoh Pidato Pengaruh Televisi Pada Anak, semoga bermanfaat
Silahkan Share skrg :

0 komentar:

Poskan Komentar

Sponsor Ads close

Sponsor Ads


 
Support : Blogger Bantul | Bantul Media | Batik Jogja
Copyright © 2013. Jurnal Terbaik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger